Menu

Mode Gelap
Pejabat Dinas Pendidikan Sumsel Jadi Tersangka, Ini Kasusnya 5 Tersangka Segera Diadili Dalam Kasus Korupsi BTS Kominfo Rp 8 Triliun Gayus Lumbuun Mantan Hakim Agung Pertanyakan Gugatan Kewenangan Jaksa Selidiki Korupsi

Kejaksaan · 7 Mar 2024 13:11 WIB

Majelis Hakim Minta JPU Tetapkan Bintoro Ketua Koperasi SJM Jadi Tersangka

 Majelis Hakim Minta JPU Tetapkan Bintoro Ketua Koperasi SJM Jadi Tersangka Perbesar

Koruptor.ID-Lubuklinggau: Majelis Hakim Verdian Martin SH Pengadilan Negeri (PN) Kota Lubuklinggau meminta kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) menetapkan, Hijrah Alam Bintoro alias Bintoro selaku Ketua Koperasi Sugih Jaya Mandiri (SJM) sebagai tersangka bahkan Bintoro juga bisa dituntut dengan pasal berlapis.

Melansir kabarsilampari.com diketahui bahwa, Bintoro Ketua Koperasi SJM diusulkan untuk jadi tersangka oleh pihak majelis hakim saat sidang dengan agenda pemeriksaan saksi Selasa 16 Januari awal tahun ini. Dari persidangan itu dilakukan pemeriksaan 7 orang saksi, yakni Mustar Ishak yang menjabat Direktur PT Sumatera Agro Tehnik, Hasanuddin yang menjabat Direktur CV Gotama, Suratno dan Sri yang menjabat ASN Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas. Kemudian, Eko Sudarsono yang menjabat Ketua Koperasi Campur Sari Sejahtera. Dede Sulaiman, sebagai Ketua Koperasi Sari Subur dan terakhir Hijrah Alam Bintoro yang menjabat Ketua Koperasi Sugih Jaya Mandiri.

Pemeriksaan 7 orang saski ini dilakukan guna mencari fakta persidangan mengungkap sejauh mana peran tugas Sekretaris dan Humas Koperasi Sugih Jaya Mandiri M (34) dan K (40) dalam pemutusan kontrak angkutan bibit yang mengakibatkan kedua petinggi Koperasi tersebut dijadikan tersangka pemalsuan dokumen dan harus menjadi terdakwa pada persidangan tersebut.

Namun berdasarkan keterangan seluruh saksi yang diperiksa oleh majelis hakim, ada satu Ketua Koperasi yakni Bintoro bertanggung jawab atas adanya dokumen pemutusan kontrak angkutan bibit. bahkan berjalan sidang saksi itupun cukup menegangkan pasalnya majelis hakim meragukan kesaksian Bintoro Ketua Koperasi SJM, karena saat berikan keterangan berbelit-belit dan dinilai penuh kebohongan Akibatnya majelis hakim meminta JPU menjadikan, Bintoro sebagai tersangka karena hal itu.

“Saudara JPU, karena kami melihat dan menilai saksi ini sudah berbelit-belit dan berbohong, supaya kiranya JPU dapat menuntut saksi ini menjadi tersangka dengan beberapa pasal,bisa dituntut dengan pasal tindak pidana korupsi (Tipikor), Pasal Sumpah saksi palsu, Pasal penyalahgunaan jabatan dan kewenangan sebagai ketua,silahkan JPU mau pake yang mana atau jika dibutuhkan nanti bisa kami buatkan berita acaranya,” Ujar Hakim saat sidang sedang berlangsung, tak pelak hal yang diucapkan majelis hakim ini membuat persidangan terasa tegang.

Sementara itu , Hijrah Alam Bintoro selaku Ketua Koperasi SJM dimintai tanggapan mengenai penilaian majelis hakim yang meragukan Kesaksiannya bahkan dinilai berbohong saat dihubungi via WhatsApp tidak memberikan respon terhadap pertanyaan awak media. (RD)

Follow WhatsApp Channel Koruptor.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemuda Pancasila Dukung Kejari Banyuasin Usut Tuntas Kasus KORPRI Tanpa Pandang Bulu

8 Juli 2024 - 11:23 WIB

Korupsi Anggaran Dana Desa, Kejari OKU Selatan Tahan Kepala Desa Mahanggin

3 Juli 2024 - 21:31 WIB

Kejari Banyuasin Terima Penghargaan HPN PWI Sumsel

11 Juni 2024 - 09:48 WIB

Pejabat Dinas Pendidikan Sumsel Jadi Tersangka, Ini Kasusnya

30 Mei 2024 - 19:50 WIB

Kejaksaan Negeri Pali Wujudkan Mimpi Pembebasan dari Kemiskinan Ekstrem

29 Februari 2024 - 12:31 WIB

Kejari Palembang Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Batik Perangkat Desa

22 Februari 2024 - 14:53 WIB

Trending di Kejaksaan