Menu

Mode Gelap
Pejabat Dinas Pendidikan Sumsel Jadi Tersangka, Ini Kasusnya 5 Tersangka Segera Diadili Dalam Kasus Korupsi BTS Kominfo Rp 8 Triliun Gayus Lumbuun Mantan Hakim Agung Pertanyakan Gugatan Kewenangan Jaksa Selidiki Korupsi

Anti Korupsi · 16 Mei 2023 04:11 WIB

Gayus Lumbuun Mantan Hakim Agung Pertanyakan Gugatan Kewenangan Jaksa Selidiki Korupsi

 Gayus Lumbuun Mantan Hakim Agung Pertanyakan Gugatan Kewenangan Jaksa Selidiki Korupsi Perbesar

Koruptor.ID – Jakarta : Mantan Hakim Agung Gayus Lumbun mempertanyakan langkah judicial review atau peninjauan kembali terkait kewenangan Kejaksaan Agung dalam penyidikan perkara korupsi. Menurut Gayus, tidak seharusnya kewenangan Kejagung menangani perkara korupsi yang merupakan kejahatan luar biasa dihapuskan.

“Apakah kemudian kewenangan (penyidikan) lembaga permanen yang kewenangannya ada pada konstitusi seperti Kejagung akan dialihkan kepada lembaga yang sifatnya komisi seperti KPK,” tanya Gayus, Senin (15/5/2023).

Menurut Gayus, Kejaksaan adalah lembaga permanen yang keberadaannya diatur dengan undang-undang. Sehingga tidak seharusnya kewenangannya dikurangi.

Dikatakan Gayus, sesuai ketentuan UU, selama ini KPK juga sudah memiliki kewenangan melakukan supervisi atas perkara korupsi yang ditangani Kejaksaan maupun kepolisian.

“Jadi untuk apa (kewenangan Kejaksaan melakukan penyidikan korupsi, Red) dihapuskan. KPK kan bisa melakukan supervisi gak usah dengan peraturan karena sudah ada UU-nya,” ungkap mantan hakim agung ini.

Jika dikomparasikan di luar negeri, penuntutan korupsi juga dilakukan oleh Jaksa. Sekalipun itu dilakukan lembaga sejenis KPK, penuntutan tetap dilakukan Jaksa.

“Mereka hanya mencegah dan menemukan, lalu diserahkan ke kejaksaan, dan kejaksaan yang menuntut ke pengadllan,” jelas Gayus.

Follow WhatsApp Channel Koruptor.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 120 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hari Peringatan Anti Korupsi Sedunia, Kajari OKU Selatan Terima Penghargaan

11 Desember 2023 - 16:37 WIB

Kejati Sumsel Diminta Usut Dugaan Penyelewengan Dana Karhutla

18 Oktober 2023 - 13:59 WIB

Tangkil Raih Penghargaan Pelopor Desa Anti Korupsi

6 Juni 2023 - 00:03 WIB

Desa Antikorupsi

DPD FBI Sragen : BUM Desa Segera Lengkapi Perijinan Usaha

3 Juni 2023 - 07:19 WIB

DPD FBI Sragen : BUM Desa Segera Lengkapi Perijinan Usaha
Trending di Anti Korupsi